PENTINGNYA PENGETAHUAN P3K

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) merupakan sebuah pengetahuan dasar yang wajib dipelajari sejak dini. Pengetahuan P3K yang harus diketahui sejak dini adalah penanganan luka kecil dan cedera yang mungkin terjadi sehari-hari.

Dengan adanya pengetahuan ini, kita akan memiliki bekal untuk menolong diri sendiri maupun orang lain sebelum mendapatkan pertolongan dari tenaga medis.

KITA TIDAK DAPAT MENCEGAH KECELAKAAN, TAPI KITA DAPAT MEMILIKI PERSEDIAAN PERANGKAT PERTOLONGAN PERTAMA YANG BAIK.

Pengetahuan apa saja sih yang bisa kita pelajari sejak dini? Cek yuk di bawah.


1. Kenali manfaat dari isi kotak P3K:

2. Pelajari manfaat menutup luka:

3. Pertolongan pertama sederhana menangani luka kecil seperti tergores, tersayat dan teriris.

  • Luka sayat adalah daerah kulit yang terpotong akibat sebuah pinggiran yang tajam, seperti pisau, perkakas kecil, atau pinggiran kertas (luka sayat akibat kertas juga sakit). Luka tersebut sering berdarah dan pinggiran lukanya sedikit pecah.

  • Luka lecet yang umumnya tak berbahaya yang terjadi setelah jatuh pada lutut, tangan, atau siku, atau tergesek permukaan yang kasar dengan akibat ada kulit yang lepas. Luka lecet dapat menyakitkan karena cedera tersebut sering menjangkau banyak ujung-ujung syaraf yang terletak di bawah kulit.

4. Penanganan luka terbuka seperti kulit robek:

Luka terbuka adalah luka dimana kulit atau jaringan selaput lendir rusak.

5. Penanganan luka tertutup seperti memar, keseleo, terkilir, dan patah tulang

Luka tertutup adalah luka yang terdapat pada jaringan bawah kulit. Bisa berupa pengumpulan darah, cedera pada ligament dan tulang yang patah/retak.

6. Langkah Pertolongan Pertama Bila Tersedak

Selain mengetahui pengetahuan dasar tentang luka yang sering terjadi seperti diatas, kita juga perlu tahu pengetahuan tentang menangani sesuatu yang mungkin dianggap sepele namun ternyata bisa membahayakan, seperti tersedak.

Tubuh mengalami tersedak karena terhalangnya jalur pernafasan bagian atas akibat makanan atau benda asing lainnya sehingga menghambat seseorang bernafas dan membuatnya sesak nafas. Otak akan sangat sensitif jika asupan oksigen berkurang dan lama kelamaan akan mulai mati dalam waktu antara 4 jam sampai 6 jam. Tersedak bisa menyebabkan seseorang mengalami batuk-batuk, tapi jika saluran pernafasan tersebut terhalang cukup banyak maka bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Disinilah pentingnya pertolongan pertama, caranya adalah:

Selain mengetahui manfaat dari isi kotak P3K dan bagaimana cara melakukan pertolongan pertama, ada beberapa hal lain yang juga harus diperhatikan:

  1. Tetap tenang dalam melakukan pertolongan pertama pada diri sendiri dan orang lain.
  2. Jelaskan apa yang Anda lakukan pada korban, bahwa mungkin menyakitkan tapi mereka akan segera merasa lebih baik.
  3. Hubungi medis jika dirasa perlu, seperti:
  • jika luka dalam dan menyebabkan banyak pendarahan
  • jika luka menunjukkan tanda infeksi seperti nanah dan bengkak
  • jika ada benda asing yang tertanam
  • dalam kasus gigitan hewan atau manusia atau kontak dengan darah hewan
  • jika luka berada di area wajah

Nah, dengan pengetahuan tentang P3K ini, kita tidak perlu khawatir berlebihan jika akan melakukan aktivitas di dalam ataupun di luar rumah.

Kembali ke atas