Peregangan Agar Tubuh Tenang Dan Otot Gak Tegang
"Sering melakukan peregangan dapat menjaga peredaran darah dan nutrisi ke otot tubuh"

Seharian duduk di kantor memang tidak sehat, namun terkadang tidak terhindarkan. Untuk mengurangi dampak buruknya, ada beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan termasuk beberapa gerakan peregangan tubuh. Dikutip dari Wellness Council of America, "Sering melakukan peregangan dapat menjaga peredaran darah dan nutrisi ke otot tubuh juga jaringan sel yang sedang bekerja untuk mencegah terjadinya kelelahan, ketidaknyamanan, dan Musculoskeletal disorders (gangguan otot rangka)".


Jika kamu pekerja kantoran kemungkinan kamu akan duduk selama 8 jam per-hari, itu berarti 40 jam seminggu! Kamu mungkin duduk di kendaraanmu saat berangkat selama 1 jam, duduk di kantor selama 6 jam, lalu duduk kembali di kendaraanmu pada saat pulang selama 1 jam. Untungnya ada banyak cara berolahraga ringan di kantor tanpa meninggalkan meja, yang dapat kamu lakukan di sela-sela jam kerja. Yuk, latihan peregangan ringan saat di kantor.


1. Peregangan Leher

Kita bisa secara perlahan gerakan kepala maju mundur, dari sisi ke sisi dan melihat kanan kiri. Hal ini bisa dilakukan kapan saja untuk mengurangi ketegangan dan tekanan, tapi sebaiknya jangan membunyikan leher karena bisa menyebabkan gangguan pada bagian leher.


2. Peregangan Telapak Tangan

Berdiri di depan mejamu. Letakkan kedua tanganmu di atas meja, dengan posisi jari-jari menghadap ke arahmu. Kemudian, turunkan tubuhmu perlahan hingga kamu merasakan peregangan. Tahan selama 15 detik, kemudian kembali berdiri tegak.


3. Peregangan Bahu

Duduk tegak di kursimu dan lipat lengan kirimu, letakkan di belakang punggung dengan telapak tangan menghadap ke atas. Angkat tangan kananmu ke atas dan tekuk, sehingga menyentuh telapak kanan kirimu. Jika kamu bisa, tahan 10 detik, namun jika tidak bisa, jangan dipaksakan. Pegang saja bajumu.


4. Peregangan Tangan

Duduk tegak di kursimu dan angkat kedua tanganmu. Genggam pergelangan tangan kananmu dengan tangan kiri dan tarik untuk meregangkan tubuh bagian kananmu. Tahan posisi ini selama 10 detik, sebelum kembali ke posisi semua. Lakukan hal yang sama dengan tangan lainnya dan ulangi masing-masing 5 kali tiap sisi.


5. Peregangan Punggung

Berdiri dengan kaki Anda terbuka selebar bahu, dan lutut menekuk sedikit. Membungkuk ke depan, letakkan tangan Anda di atas lutut. Cekungkan punggung Anda ke depan sehingga dada Anda akan menutup dan bahu Anda melengkung ke depan. Kemudian lakukan yang sebaliknya. Condongkan punggung ke depan sehingga otot dada meregang, dan putar bahu Anda ke belakang, ulangi beberapa kali.


Gerakan-gerakan peregangan di atas paling lama hanya memakan waktu 15 menit dan kamu bisa lebih terhindar dari risiko cidera otot. Saat badan kamu terasa nyeri atau kamu mengalami cidera otot, percayakan sama Hansaplast Koyo yang dijamin bikin badan ga akan Loyo. Tinggal pilih mau Hansaplast Koyo Hangat atau Hansaplast Koyo Panas.

Kembali ke atas