Penyembuhan Luka Lembab

Apa yang dimaksud dengan penyembuhan luka lembab?

Ide penyembuhan luka lembab muncul pada tahun 1962 ketika George D. Winter menemukan bahwa epitelisasi, proses penutupan luka, akan berjalan dua kali lebih cepat dalam kondisi lembab daripada di bawah koreng. Saat ini, prinsip penyembuhan lembab diterima secara umum dalam dunia profesional, di mana banyak produk telah dikembangkan untuk menyembuhkan luka kronis melalui terapi luka lembab.

Bagaimana cara penyembuhan luka lembab membantu menyembuhkan luka dengan lebih cepat dan indah?

Menutup luka dengan produk penyembuhan luka lembab menyediakan iklim luka optimal yang akan…
  • mengadakan kondisi yang paling menguntungkan bagi penutupan luka (epitelisasi), pembentukan jaringan baru, dan kekebalan tubuh. 
  • membiarkan proses penyembuhan tidak terganggu dan memastikan penyembuhan yang lebih cepat 
  • mencegah pembentukan koreng untuk mengoptimalkan perpindahan sel dan mengurangi kemungkinan terjadinya bekas luka 
Mengizinkan luka sembuh dalam kondisi lembab memiliki banyak keuntungan. Tiga keuntungan utama adalah:

1. Optimalisasi proses penyembuhan luka

Terapi penyembuhan luka lembab membantu menciptakan dan mempertahankan kondisi optimal bagi penyembuhan luka dan pertumbuhan sel. Eksudat luka berperan sebagai sarana transportasi bagi banyak molekul bioaktif yang memastikan jaringan baru terbentuk secara terkoordinasi. Sel akan tumbuh, membelah, dan berpindah pada tingkat yang lebih cepat untuk mengoptimalkan proses penyembuhan luka.

 

2. Penyembuhan yang lebih cepat

Penelitian klinis membuktikan bahwa proses penyembuhan luka lebih cepat dalam kondisi luka lembab*. 

* Wigger-Alberti W et al., Journal of Wound Care 2009; 18(5):208-14

Karena kondisi optimal luka diciptakan, kecepatan pertumbuhan sel dan pembentukan jaringan baru meningkat. Ini mempercepat penyembuhan luka hingga 50%!

3. Mencegah bekas luka dan memastikan penyembuhan yang lebih indah

Dalam kondisi lembab, timbulnya koreng yang menghalangi pembentukan jaringan baru dicegah. Jika luka sembuh tanpa koreng dan proses penyembuhan luka tidak terganggu, kemungkinan terjadinya bekas luka menurun dan hasil kosmetik ditingkatkan..

Untuk luka bakar yang mana?

SOS Burn Plaster Hansaplast ditujukan untuk penggunaan perawatan luka bakar derajat satu dan dua. Luka bakar derajat satu hanya mempengaruhi epidermis, lapisan atas kulit. Daerah yang terbakar merah, sedikit bengkak, sakit, kering, dan tanpa lepuh, misalnya kulit terbakar matahari. Luka bakar derajat dua melibatkan epidermis dan bagian kulit yang lebih dalam, lapisan dermis. Seringkali disebabkan oleh cedera karena air panas atau api. Luka bakar tampak merah, melepuh, bengkak, dan terasa menyakitkan

Dua efek utama: mendinginkan dan melembabkan

Balutan luka hidrokoloid memastikan penyembuhan luka yang lebih cepat dan lebih baik dengan menyediakan kondisi luka lembab, yang mengoptimalisasikan perbaikan luka dan mengurangi resiko bekas luka. Selain itu, mereka memberi bantalan bagi luka dan mengurangi rasa sakit dan tekanan. Matriks hidrokoloid sangat fleksibel, tahan air namun bernafas dan dapat ditembus uap air dan ditoleransi dengan sangat baik oleh kulit sensitif.