Penyembuhan Luka & Jenis Luka

Fisiologi penyembuhan luka

Penyembuhan luka dimulai dengan penggumpalan darah untuk mencegah pendarahan dan menutup luka. Fase eksudasi ditandai dengan radang dan edema. Cairan eksudat luka mengandung berbagai zat penting, seperti enzim, pertumbuhan, dan sel yang dibutuhkan bagi penyembuhan tanpa gangguan.

 

Regenerasi dan proliferasi sel baru terjadi pada fase granulasi. Jaringan yang baru dibentuk mengisi luka dari bawah dan tampak merah. Akhirnya, kumpulan lapisan kulit baru dari pinggiran luka, epitelialisasi, menyelesaikan proses penyembuhan luka dan menutup luka.

Luka Sayatan: diakibatkan benturan keras (misal: sambil memotong roti), umum terjadi pendarahan dengan adanya pecah di bagian tepian luka.

Luka Baret: diakibatkan peregangan berlebih dan ketegangan elastisitas jaringan, meninggalkan tepi luka bergerigi yang tidak teratur, umumnya terjadi waktu penyembuhan yang lebih lama dan meninggalkan bekas luka
 

Luka Lecet: Goresan yang terjadi di kulit bagian atas, biasanya tidak berbahaya tetapi sering terkontaminasi. Lecet yang lebih besar sangat menyakitkan dikarenakan cedera tersebut meluas ke ujung saraf yg terletak di bawah kulit.

Keahlian dalam teknologi plester

Berdasarkan keahlian jangka panjang dalam teknologi plester, Hansaplast adalah salah satu merek plester terkemuka dunia. Ahli kami di Pusat Penelitian Kulit di Hamburg memiliki lebih dari 100 tahun pengalaman dalam teknologi plester, perawatan luka, dan perawatan terapi kulit. Berkolaborasi dengan ahli kesehatan terkemuka, mereka memimpin perkembangan ilmiah dan teknologi. Ini memastikan inovasi produk yang dapat diandalkan dan efektif.

 

Produk Hansaplast memenuhi standar yang tinggi dalam hal memberikan kualitas tertinggi dan daya guna yang terbukti dengan kompatibilitas kulit yang unggul.Hansaplast adalah merek terkemuka dalam produk perawatan luka yang ampuh dan aman digabungkan dengan kualitas terbaik dan kompetensi medis dan menawarkan pilihan luas produk berkualitas tinggi yang membuat merek tersebut pilihan No. 1 untuk jutaan orang di seluruh dunia.

The role of a plaster in wound healing

Bahkan luka kecil sehari-hari juga dapat infeksi. Beberapa faktor mempengaruhi penyembuhan luka dan tingkat infeksi. Di antaranya adalah jenis dan jumlah bakteri serta jenis dan lokasi luka. Faktor penting lain termasuk umur yang meningkat, penyakit, seperti kurang darah atau kencing manis, atau perawatan obat, misalnya steroid.

Plaster technology

Tergantung pada lokasi luka, ada pilihan yang menawarkan teknologi, bentuk, ukuran, bahan, atau rekatan ideal untuk kebutuhan tertentu. Agar dapat menawarkan cakupan yang tepat bagi luka, plester tersedia dalam berbagai ukuran setrip atau panjang balutan, yang dapat dipotong sesuai dengan keinginan. Hansaplast menawarkan pilihan solusi universal dan berteknologi tinggi untuk perawatan cedera yang paling sering terjadi. Untuk informasi lebih lanjut, lihat: Cara Membalut Luka.