5 Mitos Paling Umum Tentang Sakit Punggung
Benar atau salah? Jangan percaya semua hal yang Anda dengar tentang sakit punggung.

"TAK ADA YANG DAPAT ANDA LAKUKAN TENTANG SAKIT PUNGGUNG"

Anda pasti bisa! Setiap kasus sakit punggung butuh solusi tersendiri, tapi ada cara proaktif untuk menghilangkan rasa sakit dari sumbernya. Latihan untuk menguatkan punggung serta berbagai langkah lain dapat membantu Anda mengatasi rasa sakit secara efektif. Semakin cepat Anda kembali berolahraga dan meneruskan aktivitas sehari-hari, semakin baik. Jika langkah-langkah tersebut tidak membantu, konsultasikan pada dokter Anda. Terus-menerus sakit dapat menguras tenaga, membuat stress, dan berdampak negatif terhadap ketenangan mental serta kekebalan tubuh. Lupakan pendapat yang salah bahwa sakit punggung adalah kekurangan yang harus Anda terima.
Kembali ke atas

"SAYA HANYA BOLEH BERBARING DAN ISTIRAHAT AGAR SAKIT PUNGGUNG HILANG"

Istirahat sangat berguna untuk meredakan rasa sakit saat sakit punggung parah, tapi biasanya hanya bertahan beberapa hari. Untuk jangka panjang, justru aktivitas yang mempercepat penyembuhan dan mencegah cedera terulang dengan meluruskan otot punggung dan perut Anda.
Konsultasikan aktivitas yang paling sesuai bagi Anda dan kondisi Anda dengan seorang dokter.
Kembali ke atas

"KALAU ANDA AKTIF, ANDA TIDAK AKAN PERNAH MENDERITA SAKIT PUNGGUNG"

Sayangnya tidak benar. Olahraga tidak menjamin, bahkan atlet dapat menderita sakit punggung. Tapi menjaga kebugaran akan mengurangi terjadinya rasa sakit. Jika rasa sakit terjadi berulang-kali, temui dokter.
Lakukan program latihan penguatan dan peregangan sebagai pencegahan sakit punggung yang efektif.

Kembali ke atas

"SAYA TIDAK BISA MELAKUKAN KEGIATAN FAVORIT SAYA LAGI"

Salah. Kebanyakan sakit pinggang tidak parah dan hanya bertahan selama jangka waktu tertentu. Jadi sekedar masalah waktu sebelum Anda pulih kembali. Jadilah proaktif! Semakin cepat Anda bergerak lagi, semakin cepat Anda sembuh.

Kembali ke atas

"SAYA BAIK-BAIK SAJA ASAL SELALU DUDUK TEGAK"

Tidak. Selalu duduk tegak di kursi kantor justru hanya menggunakan satu sisi kelompok otot. Duduk dinamis (sering bergerak saat bekerja) adalah cara  tepat untuk mencegah sakit pinggang.
Baca artikel kami tentang Kenyamanan di kantor.
Proaktif tentang punggung Anda!
Jika Anda proaktif tentang sakit punggung dan melakukan latihan yang menguatkan inti dan melenturkan, Anda bisa membantu menghilangkan rasa sakit dan mencegah sakit punggung. Konsultasikan dengan seorang dokter mengenai latihan yang tepat dan apa yang dapat Anda lakukan jika stress dan faktor psikologis memperburuk sakit punggung Anda.
Kembali ke atas

Mohon perhatikan bahwa saran atau rekomendasi di atas tidak menggantikan saran medis. Penting: konsultasikan dengan profesional medis jika terjadi cedera atau Anda mencurigai adanya sendi yang terlalu banyak dipakai atau kondisi medis seperti retak. Dalam kasus akut, konsultasikan dengan dokter jika kondisi disertai dengan merah, bengkak, atau hipotermia sendi, permasalahan sendi yang berkepanjangan atau rasa sakit yang luar biasa dan/atau berhubungan dengan gejala saraf (misalnya mati rasa, kesemutan, tidak bisa bergerak).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Hansaplast, silakan hubungi kami melalui email di customercare-id@beiersdorf.com. Baca instruksi penggunaan yang diberikan dalam kemasan produk kami dengan seksama.