Mengangkat? Ya, Anda Bisa!
Siapa bilang punggung Anda akan nyeri karena mengangkat? Hal ini tidak akan terjadi - asal Anda perkuat punggung Anda.

TIDAK ADA YANG NAMANYA "SALAH" MENGANGKAT

Dalam kehidupan sehari-hari, kita semua mengenal situasi saat kita harus mengangkat benda berat atau ingin menolong orang lain, seperti memindahkan kotak, menggendong anak, mengangkat perabot, dan lain-lain. Namun mengangkat benda berat dapat beresiko bagi pinggang Anda. Penting untuk diketahui bahwa ini bukan karena kita menggunakan teknik mengangkat yang "salah". Lagipula, kenapa mengangkat kotak lebih sulit dari mengangkat barbel di gym?

Penting mengetahui batas kemampuan dan kerja sama tubuh Anda. Tidak ada cara benar atau salah.

Mengangkat tidak harus membebani punggung anda
Kembali ke atas

PENYELAMAT PUNGGUNG: TIPS MENGANGKAT

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan bagi punggung Anda adalah memperkuatnya melalui latihan teratur.
Perlu diperhatikan:
1. Mengetahui apa yang Anda lakukan dan arah Anda bergerak akan mencegah terjadinya gerakan canggung saat membawa sesuatu yang berat. Kosongkan jalan terlebih dahulu, dan jika mengangkat bersama orang lain, pastikan Anda berdua menyetujui rencana dan arah yang sama.

CEGAH GERAKAN CANGGUNG DAN MENDADAK DENGAN MEMBUAT RENCANA TERLEBIH DAHULU2. Uji bebannya: Contoh situasi yang membuat otot punggung tegang: mencoba mengangkat kotak yang Anda pikir kosong tapi ternyata berisi buku atau CD. Untuk menguji berat sebuah benda, coba geser dengan kaki atau angkat sedikit sebelum diangkat. Jika terlalu berat, minta bantuan.

Rencanakan ke depan dan hindari gerakan canggung
Anggap mengangkat sebagai olahraga
3. Pakaian yang nyaman: Mengenakan pakaian ketat dapat mencegah anda menggunakan biomekanik yang tepat seperti menekuk lutut anda , terutama ketika mengangkat. Cobalah memakai pakaian yang longgar ketika anda akan melakukan aktivitas.
Kembali ke atas

ANDA MUNGKIN INGIN MENGURANGI…

Jika pinggang anda tidak kuat, coba kurangi…
  1. Berat benda. Jika punggung Anda tidak mampu mengangkatnya, pisahkan menjadi beberapa bagian.

  2. Lama aktivitas mengangkat Anda. Cedera lebih mungkin terjadi saat Anda lelah.
  3. Kecepatan Anda mengangkat - ini bukan lomba dan tidak ada medali untuk dimenangkan.
  4. Jarak untuk membawa beban. Pastikan jalannya kosong dari halangan.
Kembali ke atas

ADUH! PUNGGUNG SAYA SAKIT

Ingat bahwa sakit tidak berbahaya

Pinggang Anda keburu sakit? Sadari bahwa nyeri tidak berbahaya - punggung Anda tidak akan "dilemahkan" dan seringkali cepat pulih - kecuali ada cedera atau penyakit. Jika Anda tidak yakin mengenai penyebab nyeri punggung Anda dan sakitnya tidak berkurang setelah beberapa hari, kunjungi dokter. Waspadai sinyal seperti sakit yang turun ke kaki. (Lihat juga Bagian Bantuan Instan untuk Nyeri Pinggang)
  1. Hangatkan: Jika tidak ada yang bengkak, coba hangatkan. Panas membantu meredakan ketegangan otot dan menangani otot yang tegang. Coba pasang Hansaplast Koyo pada area yang bermasalah untuk memberikan panas yang terus-menerus dan mencegah rasa nyeri.
  2. Suhu membantu: Coba dinginkan area dengan pak dingin (es adalah pereda sakit alami dan sesuai menangani bengkak atau benjol). Letakkan pada titik yang sakit. Jangan gunakan lebih dari sepuluh menit setiap jamnya. Kunjungi dokter jika Anda mencurigai adanya radang.
Kembali ke atas
Jika ragu, kunjungi dokter…
Kecuali Anda seorang profesional medis, Anda tidak akan mengetahui asal sakit punggung. HANGAT membantu mengatasi otot yang tegang sementara DINGIN membantu mengurangi gejala akut sakit peradangan, benjol, dan pembengkakan. Lihat mana yang sesuai bagi kasus Anda dan kunjungi dokter untuk diagnosa dan perawatan lebih lanjut.

5 TIPS EMAS YANG AKAN MEMBANTU MENCEGAH SAKIT PUNGGUNG

Cara terbaik untuk merawat tulang punggung dan punggung Anda adalah mencegah cedera dan tegangan ketimbang menangani akibatnya.
Jadi merupakan ide bagus untuk memasukkan beberapa tips ini ke dalam kehidupan sehari-hari Anda:

lift-5goldentips01

lift-5goldentips02

3. Berjalan: Berjalan menjaga punggung Anda tetap sehat. Irama alami kontraksi dan relaksasi memperkuat otot postur tubuh Anda. Berjalan dengan cepat dapat membantu tubuh Anda menghasilkan endorfin, hormon yang mengurangi rasa sakit. Coba berjalan dan latihan aerobik lain selama 20 menit sehari, tiga kali seminggu. Berenang, naik sepeda dan berlari, yoga atau Pilates juga baik.

4. Tidur dengan sanggaan yang baik: Gunakan kasur yang nyaman, rata dan tidak turun untuk menyangga tubuh anda pada saat tidur.

5. Jauhi tembakau: Merokok buruk bagi kesehatan pada umumnya dan juga bagi punggung karena mempercepat penuaan tulang punggung Anda. Coba berhenti merokok secepatnya jika Anda menderita masalah punggung.

1. Tegakkan: Untuk memperbaiki postur Anda, coba lakukan latihan ini: Berdiri di dinding atau duduk di kursi makan, pastikan pundak dan bokong Anda menyentuh dinding atau kursi. Selipkan lengan Anda antara pinggang dan dinding atau kursi, bengkokkan pinggul Anda agar tidak ada ruang lagi. Tahan posisi tersebut dan hitung sampai 20 sambil melihat cermin untuk melihat seperti apa postur Anda. Lakukan latihan ini sekali sehari selama tiga minggu untuk memastikan bahwa menjaga postur yang baik menjadi kebiasaan. Setelah beberapa minggu latihan, Anda akan melihat bahwa postur Anda membaik.

2. Regangan pagi: Jika tubuh Anda kaku pada pagi hari, lakukan peregangan di tempat tidur. Sebelum berdiri, regangkan lengan di atas kepala, kemudian tarik lutut ke dada bergantian. Ketika sudah siap duduk, bergulinglah ke pinggir tempat tidur dan gunakan lengan Anda untuk membantu menegakkan diri. Letakkan kedua tangan di bokong dan bersandar ke belakang untuk memanjangkan tulang punggung Anda.

lift-5goldentips03

lift-5goldentips04

Kembali ke atas

Mohon perhatikan bahwa saran atau rekomendasi di atas tidak menggantikan saran medis. Penting: konsultasikan dengan profesional medis jika terjadi cedera atau Anda mencurigai adanya sendi yang terlalu banyak dipakai atau kondisi medis seperti retak. Dalam kasus akut, konsultasikan dengan dokter jika kondisi disertai dengan merah, bengkak, atau hipotermia sendi, permasalahan sendi yang berkepanjangan atau rasa sakit yang luar biasa dan/atau berhubungan dengan gejala saraf (misalnya mati rasa, kesemutan, tidak bisa bergerak).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Hansaplast, silakan hubungi kami melalui email di customercare-id@beiersdorf.com. Baca instruksi penggunaan yang diberikan dalam kemasan produk kami dengan seksama.