Kenyamanan Di Kantor
Cara membuat duduk di kantor dari pagi sampai sore lebih nyaman bagi Anda dan tubuh Anda

Anda pekerja kantoran dan menghabiskan setidaknya 40 jam seminggu duduk di depan komputer? Dan pundak/leher Anda kaku, atau punggung Anda nyeri? Jangan khawatir. Bukan berarti ada yang terluka atau tubuh anda "dihabisi" oleh pekerjaan.

HAL KECIL DAPAT MEMBUAT PERUBAHAN

Kebanyakan pekerja kantoran pernah mengalami nyeri punggung atau leher/pundak. Biasanya tidak serius dan sembuh dalam hitungan hari atau minggu. Ini disebabkan otot dan kelompok otot yang tidak digunakan secara fisik dapat memendek atau melemah, atau tegang dan kram. Hal ini wajar jika Anda menghabiskan banyak waktu di belakang meja, namun dapat dihindari jika Anda proaktif tentang kesehatan dan kebugaran diri Anda.

Jangan salahkan kursi anda

Perlu diketahui: lingkungan kerja Anda (posisi komputer, tinggi meja, atau bentuk ergonomis kursi Anda) tidak banyak berpengaruh. Jadi jangan salahkan kursi kantor Anda, tapi ubah kebiasaan Anda!

Tentunya ide bagus untuk membuat lingkungan kerja Anda senyaman mungkin. Tapi yang terpenting dalam pencegahan nyeri punggung, leher, dan pundak adalah memperkuat otot Anda . Berolahragalah untuk mengimbangi penggunaan otot yang jarang atau tidak pernah digunakan. Waspada dan coba hindari stresss. Stress atau beban pekerjaan dan tanggung jawab berlebih dapat mengakibatkan ketegangan. Jika Anda mengalami nyeri dan sakit, amati diri Anda dan lihat kapan munculnya.

Anda mungkin sadar bahwa saat Anda melakukan aktivitas yang menyenangkan dan menarik, rasa sakit lebih jarang terjadi; sementara rasa sakit lebih mungkin muncul saat stress atau tidak tenang, baik karena masalah pribadi atau pekerjaan.

Kuncinya adalah mencari tahu: Apa yang dapat Anda lakukan agar lebih proaktif dalam pencegahan rasa sakit? Kami telah menyusun beberapa saran yang berguna bagi Anda.
Kembali ke atas

MENGHINDARI NYERI PUNGGUNG DAN KETEGANGAN PADA LEHER/PUNDAK

Tidak ada lagi kesempatan untuk ketegangan otot kambuhan dan keseleo

Cari tahu dan coba kurangi penyebab serta dampak ketegangan pribadi (stress, konflik di tempat kerja, masalah pribadi).
Seringkali nyeri punggung berhubungan dengan stress dan ketegangan psikologis.

Lakukan latihan fisik untuk mengimbangi pekerjaan yang diam di tempat: Coba berolahraga setidaknya tiga kali seminggu. Coba berlari, pergi ke gym atau senam. Ini bukan hanya meregangkan dan memperkuat otot Anda, tetapi juga membebaskan kepala Anda dari stress. Dan ingat bahwa menantang tubuh dan mengaktifkan otot Anda penting untuk pencegahan otot yang tegang dan nyeri punggung dalam jangka panjang.

Coba duduk SEAKTIF mungkin. Ganti posisi duduk Anda sesering mungkin, berdirilah secara berkala dan lakukan peregangan.

backs-in-office03-270px

backs-in-office02-270px

 Saat dalam lingkungan kantor, gunakan tiap kesempatan yang Anda dapatkan untuk bergerak: Naik tangga ketimbang menggunakan lift. Gunakan istirahat makan siang untuk berjalan kaki.

Coba untuk keluar dari rutinitas jika Anda merasa terjebak di dalamnya.

Jika stress, coba teknik relaksasi (seperti latihan pernafasan yoga) yang dapat Anda lakukan di meja Anda.

BERGERAK! Jika Anda harus duduk di belakang meja untuk waktu yang panjang, ganti posisi sesering mungkin dan istirahatkani punggung Anda dengan berdiri dan berjalan sekitar setiap jam, atau lakukan latihan. Ambil setiap kesempatan untuk bergerak, pilih tangga daripada lift.
Kembali ke atas

BAGAIMANA SAAT NYERI PUNGGUNG TERJADI?

Apa yang dapat Anda lakukan untuk menolong diri Anda sendiri?

Daftar petunjuk dan larangan yang akan membantu Anda mengatasi nyeri punggung dan beraktivitas kembali.
Jika mungkin, tetap aktif seperti biasa. Namun kunjungi dokter jika Anda khawatir tentang nyeri punggung atau sakit berlanjut atau semakin parah.

Tanya kepada dokter apakah Anda dapat tetap bekerja, dan bila perlu diskusikan apa yang dapat dilakukan untuk memudahkan pekerjaan Anda dengan atasan Anda.

Bila perlu, ubah jenis aktivitas yang menyebabkan nyeri.
Pelajari tentang nyeri punggung. Belajar dan dengarkan tubuh Anda. Bila perlu, kunjungi dokter, ahli fisioterapi, atau chiropractor.
Jangan berbaring di tempat tidur dan menunggu sakitnya hilang. Dulu ini adalah respon yang wajar untuk sakit punggung, namun bukti menunjukkan bahwa tindakan tersebut tidak menolong pemulihan. Semakin cepat Anda bergerak, semakin baik.
Jangan khawatir. Khawatir berlebih justru akan menunda pemulihan Anda.
Tetaplah beraktivitas untuk menghindari rasa sakit. Gunakan Hansaplast Koyo. Hansaplast Koyo akan membantu menyembuhkan rasa sakit sehingga anda bisa tetap aktif bekerja.
Kembali ke atas

HANGATKAN OTOT ANDA

Lemaskan leher dan pundak Anda

Sudah terlambat untuk penyesuaian karena pinggang Anda terlanjur sakit atau leher/punggung/pundak anda tegang dari mengetik dan stress seharian? Cobalah  Hansaplast Koyo sebagai langkah pertama melemaskan kelompok otot tersebut.
Panas meningkatkan aliran darah, melemaskan jaringan dan dapat membantu pergerakan Anda.
Pasang Hansaplast Koyo yang memberikan panas terus-menerus dan mencegah rasa nyeri.
Kembali ke atas

Mohon perhatikan bahwa saran atau rekomendasi di atas tidak menggantikan saran medis. Penting: konsultasikan dengan profesional medis jika terjadi cedera atau Anda mencurigai adanya sendi yang terlalu banyak dipakai atau kondisi medis seperti retak. Dalam kasus akut, konsultasikan dengan dokter jika kondisi disertai dengan merah, bengkak, atau hipotermia sendi, permasalahan sendi yang berkepanjangan atau rasa sakit yang luar biasa dan/atau berhubungan dengan gejala saraf (misalnya mati rasa, kesemutan, tidak bisa bergerak).

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Hansaplast, silakan hubungi kami melalui email di customercare-id@beiersdorf.com. Baca instruksi penggunaan yang diberikan dalam kemasan produk kami dengan seksama.