Perlindungan Luka
Pelajari langkah-langkah perlindungan luka yang tepat dan mudah agar penyembuhan lebih cepat dan aman.

Mengapa luka harus dilindungi?

Luka yang terlindungi dengan aman membantu proses penyembuhan agar optimal. Jika dibiarkan terbuka, risiko luka terkontaminasi elemen-elemen yang menyebabkan infeksi, pembengkakan, serta komplikasi lainnya akan semakin tinggi.
Bakteri: Jika luka tidak ditutupi, bakteri berpotensi masuk ke dalam luka, meningkatkan risiko terkena infeksi dan menunda proses penyembuhan.
Air: Pelindung luka yang kedap air sangat penting untuk mencegah luka terkena air. Tentunya, air bisa saja terkontaminasi oleh bakteri atau mengandung elemen berbahaya seperi klorin yang secara signifikan dapat meningkatkan risiko terkena infeksi dan menunda proses penyembuhan. Selain itu, kontak dengan air dapat menyebabkan pembengkakan pada kulit dan dapat menghambat proses penutupan luka. Bakteri dan kuman dapat dengan mudah masuk ke dalam luka, meningkatkan risikio terkena infeksi.
Penyembuhan luka secara lembap: Melindungi luka dengan cara menjaga kelembapannya membantu penyembuhan secara alami. Cara ini digunakan di rumah sakit untuk perawatan luka kronis dan terbukti dapat menyembuhkan luka secara keseluruhan dengan aman, cepat dan optimal, dengan kemungkinan bekas luka yang lebih kecil dibandingkan dengan luka yang dibiarkan mengering.

Kembali ke atas

Langkah perawatan luka yang tepat untuk penyembuhan yang optimal

Perlindungan luka seharusnya menjadi salah satu bagian dari langkah perawatan luka yang tepat.
Dalam kasus pendarahan pada luka, hentikan pendarahan dengan memberikan tekanan, idealnya menggunakan kompres steril. Jika pendarahan berlanjut, gunakan lebih banyak pembalut kasa dan pertahankan tekanan pada luka dan dapatkan bantuan medis.

Bersihkan: Membersihkan luka dari kotoran dan bakteri merupakan langkah awal yang sangat penting agar penyembuhan luka lebih optimal. Untuk mencegah infeksi luka, semprotkan Hansaplast Spray Antiseptik dari jarak 10cm kearah luka. Ulangi pemakaian bila diperlukan. Keringkan area sekitar luka dengan hati-hati.
Lindungi: Penting untuk melindungi luka dari pengaruh eksternal seperti kotoran dan bakteri agar proses penyembuhan tidak terganggu. Tutup luka menggunakan plester Hansaplast favorit Anda. Ganti plester setiap hari, kecuali jika direkomendasikan sebaliknya oleh dokter.
Sembuhkan: Untuk penyembuhan luka secara lembap dan optimal, oleskan Hansaplast Wound Care Ointment secara teratur sampai luka benar-benar sembuh. Oleskan dengan tipis secara perlahan satu sampai dua kali dalam sehari. Pastikan tube salep tidak terkena luka Anda. Ulangi dengan teratur sampai proses penyembuhan luka selesai. Hansaplast Wound Care Ointment dapat digunakan pada luka ringan dan di seluruh tahap proses penyembuhan. Jika perlu, luka bisa ditutup dengan Hansaplast Plester seperti Hansaplast Kain Elastis Standar, Hansaplast Kain Elastis Jumbo, Hansaplast Transparan, Hansaplast Aqua Protect, Hansaplast Sensitive ataupun Hansaplast Karakter favorit Anda.
Kembali ke atas

Jenis plester mana yang paling tepat untuk Anda?

Butuh plester untuk area persendian? Hansaplast Kain Elastis Standar berfungsi dengan baik ketika digunakan pada luka kecil yang berlokasi di area sendi dan bagian tubuh yang sering bergerak. Plester ekstra fleksibel ini akan tetap bertahan meskipun kulit meregang dan badan terus bergerak.
Single-pack-mini
Butuh plester untuk luka berukuran besar dan praktis? Hansaplast Kain Elastis Jumbo berukuran 30% lebih besar dari plester lainnya. Dengan bahan yang elastis, nyaman untuk digunakan di daerah persendian.
elastis jumbo
Butuh plester dengan bahan yang transparan? Hansaplast Transparan terbuat dari bahan yang tembus pandang dan tahan air. Ideal untuk tubuh yang terlihat.
Transparan
Butuh plester kedap air?  Hansaplast Aqua Protect  menawarkan perlindungan luka kedap air. Produk ini sangat ideal untuk digunakan saat mandi atau berenang. Tersedia dalam kemasan yang praktis, produk ini sangat cocok untuk menutupi luka pada jari yang akan terkena air seharian – seperti contohnya di dapur.
plester kedap air
Butuh perlindungan untuk kulit sensitif?  Hansaplast Sensitive  menawarkan perlindungan luka hypoallergenic yang sangat ramah dengan kulit. Bahannya yang lembut dan berongga membuat plester ini melindungi luka dengan nyaman dan dapat dilepas tanpa rasa sakit.
Butuh plester dengan gambar yang unik? Hansaplast Disney Character hadir dengan karakter-karakter kesukaan anak Anda dan cocok untuk segala jenis luka kecil. Bahannya ramah pada kulit dan warnanya aman untuk anak.
plester frozen






Kembali ke atas

Membantu luka sembuh dengan lebih baik

  1. Pastikan luka terlindungi secara konsisten. Ganti plester setiap hari, kecuali jika dokter memberikan saran lain. Jika plesternya terlepas, segera pasang plester baru.
  2. Biarkan saja lukanya. Jika ada koreng, jangan mencoba untuk menyentuh atau bahkan mencoba mencopotnya. Cobalah kurangi gesekan di area tersebut dan jika memungkinkan, kenakan pakaian longgar yang tidak memberi tekanan pada luka.
  3. Jauhkan luka dari sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit dan meningkatkan risiko luka membekas.
Kembali ke atas
Selalu kunjungi dokter jika Anda menderita luka dalam, pendarahan hebat, atau menunjukkan gejala infeksi seperti kulit kemerahan, bengkak, atau terasa hangat. Perlu diingat bahwa meskipun telah disusun dengan baik, tips-tips ini tidak bermaksud untuk mengganti saran atau tindakan medis. Jika Anda memiliki atau merasa ada masalah kesehatan, konsultasikan kepada dokter dan ikuti saran medis tanpa mempedulikan apa yang sudah Anda pelajari dari situs web ini. Selalu baca dan ikuti instruksi atau brosur produk kami dengan baik.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui Nomor Bebas Pulsa: 0800- 11-64832.