Jangan Sampai Kena 5 Penyakit Ini Saat Liburan

Menjelang liburan banyak orang yang sibuk mempersiapkan banyak hal. Mulai dari itinerary, sampai packing. Perjalanan, baik darat, laut, maupun udara tentu membawa konsekuensi tersendiri bagi kamu yang mau liburan, salah satunya masalah kesehatan. Berikut beberapa penyakit yang rawan terjadi dan bagaimana cara kita untuk menghindarinya agar liburan jadi lebih nyaman.

Masuk Angin

Sebenarnya tidak ada istilah ‘Masuk Angin’ dalam dunia medis. Masuk angin biasa terjadi, karena biasanya tubuh terlalu lama terpapar angin atau udara dingin. Saat liburan masuk angin sering terjadi jika badan terlalu lama terpapar AC kendaraan secara langsung karena itu biasakan bawa jaket atau baju hangat agar tidak mudah masuk angin.

Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan bisa dialami oleh siapa saja. Ketika berpergian menggunakan mobil, pesawat, ataupun kapal laut tak jarang rasanya tubuh ingin muntah, lemas, dan pusing tanpa sebab. Secara medis gangguan ini dikategorikan sebagai penyakit Vertigo (motion sickness), dengan gejalanya pusing, keringat dingin, mual (nausea), muntah (vomiting) dan lemas. Mabuk perjalanan bisa dicegah dengan: makan sebelum melakukan perjalanan, konsumsi obat anti mabuk perjalanan, dan hindari memainkan gadget atau membaca buku saat kendaraan berjalan.

Diare

Saat dalam perjalanan panjang biasanya kita tidak terlalu banyak membawa makanan karena sudah berencana untuk mencicipi makanan khas yang kita temui di tempat-tempat tertentu. Saat menjumpai satu makanan yang sudah kita incar, biasanya kita langsung menyantapnya tanpa memperhatikan faktor higienis makanan tersebut. Jika Anda adalah orang yang tidak tahan terhadap godaan kuliner maka pencegahannya sebenarnya cukup mudah yaitu jangan makan apapun yang tidak dimasak dengan matang, hindari minum air keran, es, dan segala jenis sayuran yang dicuci dengan air keran.

Alergi

Banyak orang yang baru sadar mereka punya penyakit akan sesuatu saat baru terserang alergi. Lingkungan baru, ruangan kamar baru, kondisi kamar tidur, tempat sumber pencetus alergi (allergen), faktor yang berpotensi memicu alergi. Ada baiknya selalu sedia obat alergi yang umum, seperti salep anti gatal, obat antihistamin, atau obat dekongestan untuk mengatasi hidung tersumbat

Nyeri Otot Dan Pegal

Berada di satu posisi selama berjam-jam seperti dalam mobil, kereta atau pesawat pastinya akan membuat otot-otot di tubuh kita menjadi lelah lalu kita akan merasa pegal. Saat pegal kita juga akan mencari-cari posisi agar nyaman, namun salah posisi bisa malah nyeri otot dan akhirnya bikin liburanmu jadi loyo.

Tapi jangan khawatir, segera pakai Hansaplast Koyo biar liburan gak loyo, tinggal pasang, pegal melayang! Jadi pastikan selalu sebelum memulai liburan, sudah sedia Hansaplast Koyo Hangat dan Hansaplast Koyo Panas yang terdapat di kotak Pertolongan Pertama Hansaplast. Dapatkan Kotak PP Hansaplast edisi terbatas di Superindo, Alfamart & Indomaret terdekat.

Kembali ke atas