TIPS AND TRIK SAAT ANAK DEMAM

Demam adalah suhu tubuh yang meningkat dari suhu tubuh yang normal yaitu 37℃. Demam merupakan salah satu reaksi dimana tubuh bereaksi terhadap infeksi dan virus seperti flu, infeksi tenggorokan atau radang telinga, dan lainnya. Demam sering terjadi pada bayi dan anak balita dan biasanya tidak membahayakan, tetapi tetap harus dimonitor terus jika berkembang menjadi lebih parah.

Demam yang tinggi dapat (>39℃) dapat menimbulkan efek yang mengganggu seperti:

  • Berkurang nafasu makan
  • Anak menjadi gelisah
  • Menyebabkan kejang pada beberapa anak yang berumur antara 6 bulan – 5 tahun
  • Meningkatkan konsumsi oksigen (misalnya pada pneumonia sangat berat, gagal jantung atau meningitis).

Tips dan Trik Mengatasi Demam Pada Anak:

1. Kenali tanda – tanda demam

Bayi atau anak yang meningkat suhunya (diatas 37℃) akan terasa panas, wajahnya memerah dan berkeringat. Pada tahap awal demam, biasanya bayi atau anak akan merasa demam dengan menggigil, kelihatan pucat, juga mengeluhkan pusing atau sakit kepala.


2. Ukur suhu dengan menggunakan thermometer

Demam bisa saja tidak membahayakan, namun harus tetap dipantau. Pada anak, demam dengan suhu diatas 39℃ bisa berbahaya.


3. Lepaskan kelebihan pakaian dan berikan cairan atau jus (cair)

Hal ini akan membantu menurunkan suhu tubuh bayi atau anak dan mencegah terjadinya dehidrasi. Jangan menutupi bayi atau anak dengan selimut atau apapun yang mungkin membuat mereka lebih panas.

4. Kompres

Untuk membantu menurunkan suhu tubuh, bisa dilakukan kompres. Kompres yang dimaksud adalah kompres dengan menggunakan air bersuhu 29℃ - 33℃. Jangan melakukan kompres dengan air dingin karena dapat membuat suhu tubuh lebih tinggi dan menyebabkan kejang.

Gunakan Hansaplast Kompres Demam yang dapat membantu menurunkan demam untuk anak umur 2 tahun ke atas. Dengan teknologi Advanced Hydro-Gel yang memberikan kesejukan hingga 8 jam untuk membantu menurunkan demam, sehingga anak bisa tidur nyaman tanpa gangguan, serta mudah dan praktis bisa dibawa kemana saja, sehingga tidak takut lagi jika tiba-tiba anak terkena demam.

5. Berikan parasetamol sirup sesuai dosis yang direkomendasikan

Hal ini akan membantu untuk menurunkan suhu bayi/anak dan mengurangi nyeri. Namun, untuk bayi kurang dari 3 bulan, tidak direkomendasikan untuk diberikan parasetamol kecuali resep dari dokter.


6. Segera bawa ke fasilitas kesehatan

Segera bawa ke fasilitas kesehatan jika suhu tubuh lebih dari 38℃, untuk bayi kurang dari 6 bulan, atau 39℃ untuk anak-anak, atau jika anda khawatir dengan kondisinya. Terutama demam lebih dari 3 hari di daerah endemis penyakit, seperti malaria, demam berdarah dan lainnya.