Pertolongan pertama

Ketahui apa yang perlu dilakukan saat terjadi kecelakaan kecil - dan bagaimana merawat dan menyembuhkan luka kecil secepat dan seefisien mungkin.

TENTANG

Pertolongan Pertama - langkah awal

Do you have a well-stocked first aid kit?

Kecelakaan dapat terjadi, dan penting untuk tetap tenang saat kejadian. Tidak semua orang terbiasa melihat darah, dan kadang-kadang bahkan sesuatu yang tidak berbahaya seperti memotong sayuran di dapur dapat menyebabkan luka yang dalam dan mengeluarkan darah yang banyak. Mengetahui reaksi yang tepat dan memiliki perangkat pertolongan pertama yang lengkap di rumah dan di mobil akan membantu kesiapan Anda.

 ANDA TIDAK DAPAT MENCEGAH KECELAKAAN, TETAPI ANDA DAPAT MEMILIKI PERSEDIAAN PERANGKAT PERTOLONGAN PERTAMA YANG BAIK

8 Peraturan Emas Pertolongan Pertama

01

Tetap tenang.
Periksa apakah sekeliling Anda aman. Jangan bahayakan diri Anda atau orang yang terluka.

02

03

Tentukan jika Anda atau orang yang terluka membutuhkan bantuan medis; minta saran jika tidak yakin.
Tenangkan orang yang terluka jika dia terluka parah dan mengalami shock, dan jaga dia tetap hangat. Jangan tinggalkan orang yang terluka, pastikan dia nyaman dan jangan pindahkan dia jika Anda mencurigai adanya cedera pada punggung atau leher. Panggil bantuan medis dalam kasus tersebut.

04

05

Beritahu ahli medis sebanyak mungkin informasi tentang kecelakaan dan gejala yang Anda bisa. Juga jika Anda tahu alergi atau golongan darah atau vaksinasi atau kondisi medis orang tersebut (misalnya, jika dia sedang menjalani pengobatan)
Pastikan Anda mencuci tangan sebelum menangani luka dan kenakan sarung tangan bedah sekali pakai untuk melindungi diri Anda dan mencegah infeksi.

06

07

Bersihkan luka dengan hati-hati, seka semua kotoran dan pasir. Gunakan kain katun bersih cuci dengan air dingin, kemudian keringkan sebelum memasang balutan yang bersih. Jangan pindahkan benda yang tertanam, biarkan staf medis yang menangani.
Jaga kelengkapan perangkat pertolongan pertama Anda. Jangan lupa mengganti benda apapun yang Anda gunakan dari perangkat pertolongan pertama Anda dan periksa tanggal kadaluwarsa dengan teratur. Lihat pilihan Hansaplast di sini (Solusi) atau temukan inspirasi di sini.

08

Kapan saya membutuhkan dokter? Saatnya mencari saran medis

Kebanyakan luka gores dan memar kecil dapat ditangani secara efektif dengan perangkat pertolongan pertama. Tapi kapan Anda tahu jika sebuah cedera membutuhkan penanganan lebih jauh?
Kami sarankan menghubungi profesional medis dalam situasi berikut:
  • jika luka dalam dan menyebabkan banyak pendarahan 
  • jika luka menunjukkan tanda infeksi seperti merah, hangat, sakit, dan bengkak 
  • jika ada benda asing yang tertanam 
  • dalam kasus gigitan hewan atau manusia atau 
  • kontak dengan darah hewan
  • jika luka berada di area wajah 
  • jika ada kekurangan vaksinasi tetanus 
dan tentunya kapan saja Anda memiliki pertanyaan atau tidak yakin
Rekomendasi: Cari saran medis dalam kasus permasalahan pernafasan, pingsan/tidak sadarkan diri, luka yang dalam dengan darah yang banyak, luka bakar yang parah, dicurigai adanya tulang yang retak atau patah, dicurigai adanya serangan jantung, reaksi alergi, ular, gigiran hewan atau manusia, keracunan, shock, kondisi apapun yang semakin parah dengan cepat.

PERAWATAN

Peraturan emas untuk luka kecil:

Bersihkan
Cuci tangan Anda dan periksa jika luka Anda juga butuh dibersihkan. Jika benda kecil tertanam (pasir, kaca, dan lain-lain), hilangkan dengan menggunakan kain kering yang bersih atau cuci di bawah air mengalir.
Desinfeksi
Bersihkan luka dengan air atau spray desinfeksi.
Lindungi
Sekarang untuk balutan luka yang tepat: Periksa apakah Anda membutuhkan perban atau plester. Hansaplast menawarkan banyak pilihan untuk setiap kebutuhan dan dalam berbagai ukuran dan tekstur.

Saran Ahli - Kenapa membalut luka?

Walau kecelakaan selalu terjadi tiba-tiba, Anda harus mengambil waktu untuk membalut luka daripada membiarkannya kering. Kenapa? Karena itu akan menciptakan kondisi optimal untuk penyembuhan kulit yang tak terganggu dan cepat.
Dr. Rainer Wolber, Penelitian & Pengembangan, Beiersdorf AG
Semua kegunaan sebuah plester © Hansaplast

"Dalam setiap luka, fungsi kulit sebagai pelindung mengalami gangguan. Tujuan pembalutan luka bukan hanya untuk melindungi luka, tetapi juga untuk memungkinkan kondisi di mana penyembuhan kulit dapat berjalan sebisa mungkin tanpa gangguan, agar struktur kulit yang sehat dapat pulih kembali.

"PLESTER AKAN MELINDUNGI LUKA ANDA DAN MENINGKATKAN PROSES PENYEMBUHAN KULIT ANDA.”

Dalam perawatan cedera kecil sehari-hari, balutan dan plester pertolongan pertama standar…

• melindungi luka Anda dari pengaruh eksternal dan mencegah kontaminasi dan infeksi,
• memastikan penyerapan darah dan cairan,
• mengurangi rasa sakit dan trauma mekanis semaksimal mungkin saat pelepasan balutan dan meningkatkan kenyamanan Anda."


SOLUSI

Pilihan pertama untuk pertolongan pertama: Beberapa produk yang dapat membantu

Sangat mudah menemukan balutan luka yang tepat: Percayakan pada produk Hansaplast berikut yang harus ada dalam setiap Perangkat Pertolongan Pertama.


PENCEGAHAN

Pencegah Bekas Luka Terbaik: Perawatan Luka yang Baik

Cara terbaik untuk mencegah bekas luka atau mengurangi pembentukannya adalah dengan merawat luka dengan baik. Gunakan dua langkah berikut:

01

1. Bersihkan luka atau baret dengan benar. Pembersihan yang benar membantu mencegah infeksi dan mendukung penyembuhan sebaik mungkin. Seka dengan kain kering yang bersih atau cuci di bawah air mengalir. Sabun yang keras tidak baik untuk membersihkan luka kecil. Justru, zat tersebut dapat menunda penyembuhan. Desinfeksi tambahan dapat disarankan.

2. Jaga tetap tertutup. Menjaga luka anda tertutup dengan pembalut luka akan membantunya sembuh tanpa gangguan dan melindungi dengan mencegah masuknya bakteri atau kotoran yang mengiritasi luka.

02

Jangan mengelupas koreng. Setelah Anda mengalami luka atau lecet, tubuh mulai menyembuhkan luka: Sel darah putih menyerang bakteri penyebab infeksi. Sel darah merah, fibrin, dan platelet menciptakan pembekuan di atas luka Anda. Dan koreng terbentuk. Jika Anda mengelupas koreng, Anda bukan saja membuka luka kembali dan memasukkan bakteri, Anda juga bisa membuat bekas luka yang lebih besar.

Selalu kunjungi dokter anda jika luka Anda dalam, berdarah, atau menunjukkan gejala infeksi seperti merah, bengkak, atau hangat.
Pastikan mencari bantuan medis jika Anda tidak dapat membersihkan luka dengan tepat. Jika Anda menderita diabetes, perawatan luka yang benar sangat penting. Selalu diskusikan kekhawatiran Anda dengan dokter dan/atau ahli penyakit kaki Anda, bahkan untuk perawatan luka kecil atau kulit pecah-pecah – terutama di kaki Anda.

Mohon perhatikan bahwa tips atau saran yang diberikan di atas tidak menggantikan saran medis. Baca dengan seksama petunjuk penggunaan yang diberikan dalam kemasan produk kami. Penting: konsultasikan dengan ahli kesehatan jika ada keraguan mengenai perawatan luka yang tepat.

Informasi yang diberikan melalui situs web ini tidak seharusnya digunakan untuk mendiagnosis atau merawat masalah kesehatan atau penyakit. Informasi tersebut bukan pengganti perawatan atau saran profesional. Jika Anda mencurigai adanya masalah kesehatan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Jangan pernah abaikan saran profesional medis atau menunda memintanya karena sesuatu yang Anda baca dalam situs web ini.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk Hansaplast, hubungi kami melalui surel di customercare-id@beiersdorf.com. Baca dengan seksama petunjuk penggunaan dalam kemasan produk kami.